Rakit PC Gaming Murah 1 Juta Bisa GTA V, PUBGM, dan Genshin

Hai guys kali ini saya akan mencoba memberikan saran atau referensi bagi kalian yang ingin rakit pc gaming murah dikarenakan masih banyak teman-teman yang pengen punya PC rakitan, tapi budget yang dipunya benar-benar hemat serta pas-pasan. Biasanya mereka ingin rakit pc yang mampu dibuat main game PS2, GTA V, dan genshin impact, kali ini budgetnya cuma satu jutaan lebih sedikit aja, ok langsung saja

Untuk prosesornya kali ini kita pakai prosesor legendaris di zamannya yakni Intel quadcore q8400 prosesor dari socket 775 ini mungkin jadi pilihan yang sangat realistis kalau kalian mau rakit pc serba murah speednya sendiri 2,6GHz dan punya 4 core serta konsumsi dayanya 95 Watt.

Nah disini Kalian juga bisa pakai juga tipe lain seperti quadcore q6600 yang spesifikasinya tidak jauh beda dengan q8400 hanya berbeda di sisi tdp-nya yang sedikit lebih boros yakni 105 watt. untuk harganya sendiri prosesor-prosesor Intel quad-core ini bisa dibeli dengan harga yang sangat murah yakni di kisaran harga 100ribuan aja.

Untuk menemani prosesornya motherboard yang kita pakai kali ini adalah mobo sejuta umat yakni ECS G41 DDR3, kelebih dari motherboard motherboard dengan chipset g41 adalah rata-rata sudah support dengan Ram DDR3, harganya sendiri motherboard ini bisa dibeli mulai dari harga 140.000 rupiah aja.

Nah sekarang untuk RAM atau Memory nya di sini saya kasih dua alternatif buat kalian yang bisa kalian sesuai dengan budget yang kalian punya, yang pertama kita bisa pakai RAM DDR3 4GB (2GB x2) atau pakai 6GB (4GB + 2GB) kalau punya dana lebih lagi bisa sih 8GB (4GB x2) hanya saja kalau kalian pakai opsi 6GB ram-nya ga akan berjalan dual-channel tapi kelebihannya speed ramnya tentu saja jadi lebih, kenceng untuk harga RAMnya sendiri satu keping 2GB DDR3 bisa dibeli mulai dari harga Rp60.000 sedangkan satu keping 4GB bisa dibeli mulai dari harga 160.000 rupiah.

Untuk vganya karena ini rakitan serba murah tapi diharapkan bisa mainin game-game kekinian yang lumayan berat maka pilihan saya jatuh pada AMD Radeon 500 point edition, yang secara detailnya yakni RADEON HD 7570. VGA low profile ini punya spesifikasi yang cukup menarik yakni 1 GB ddr5 128 bit dengan bw yang juga cukup lumayan yakni 51,2 GB per second.

Selain itu konsumsi dayanya juga cukup irit yakni hanya 65 watt saja dalam kondisi full load. yang paling mencuri perhatian adalah harganya yang sangat murah yakni bisa dibeli di kisaran harga 500 ribuan aja, untuk penyimpanan karena ini versi hemat tapi butuh size yang agak lumayan karena gamenya juga lumayan gede seperti GTA V yang butuh 63gban dan Genshin Impact yang butuh 20gban, belum juga game-game lainnya maka harddisk yang kita pilih adalah hardisk Seagate 250 GB, harganya sendiri cukup sangat ramah dikantong yakni Rp75.000 saja.

Untuk power supplynya sendiri Kita juga ga bisa muluk-muluk, Disini yang saya pakai adalah PSU Korea 500 watt dan yang saya rekomendasiin ke kalian adalah power supply build-up copotan PC branded yang secara kualitas lebih bagus dan lebih awet daripada power supply korea, harganya sendiri cuma 100ribuan aja.

Terakhir untuk Casing-nya yang kita pakai adalah casing modifan sendiri dari casing PC bekas yang kita bentuk dengan sedikit Open Air begini modal gerinda potong sana-sini kemudian kita baut jadi deh casing seperti yang kalian lihat sekarang ini. disini maksud saya adalah untuk pc low budget casing kan bukan prioritas utama kalian bisa sesuai aja sesuai budget kalian masing-masing, casing-casing bekas di loakan bisa dibeli dengan harga yang sangat murah kalau di sini kalian bisa bawa pulang casing jadul bekas itu mulai dari harga 15ribuan hingga Rp25.000 aja.

rakit pc

Nah sekarang kita hitung dulu yuk berapa perkiraan budget yang kita habisin untuk rakitan kita kali ini tentu saja dengan asumsi kalian merakit PC sendiri dan masih belum biaya ongkirnya, kalau kalian beli spare partnya online kalau kalian merakitkan ke toko atau orang lain estimasi budget nya juga bisa jadi lebih mahal daripada yang kita kasih tunjuk.

Nah sekian PC Gaming rakitan kere Hore 1 jutaan kita kali ini semoga bisa menjadi gambaran atau wawasan untuk kalian yang ingin merakit pc gaming murah terimak kasih.

 

Dikutip dari Kentang Tech