Membuat RecyclerView Android Studio

Sebelumnya kita sudah belajar fragment android studio, kali ini saatnya untuk mempelajari cara membuat recyclerview android studio. penggunaan Recyclerview cukuplah banyak digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi, dengan menggunakan RecyclerView kita menampilkan banyak data dengan bentuk list, grid ataupun card.

RecyclerView Android Studio

Recyclerview adalah komponen widget yang digunakan untuk menampilkan banyak item dalam daftar (list) yang dapat di gulir (scroll). Selain itu ada pula ListView namun sebaiknya menggunakan RecyclerView dibandingkan dengan ListView dikarenakan RecyclerView merupakan versi penyempurnaan dari ListView dengan berbagai kelebihan dan kecaggihannya, jadi kita tidak akan mempelajari ListView disini.

Pada tutorial cara membuat recyclerview android studio ini kita akan banyak mempelajari banyak hal seperti, bagaimana caranya menggunakan Adapter, item click Listener dan penggunaan View Binding.

View Binding

Apa itu View Binding? View Binding merupakan fitur yang diciptakan untuk menggantikan penggunaan findViewById yang akan membuat penulisan kode kita menjadi lebih simple, menggurangi boilerplate dan bug.

View Binding sendiri sudah bisa digunakan sejak android studio 3.6 untuk mengaktifkannya kita diharuskan menambahkan viewBinding = true pada bagian buildFeatures di dalam file build.grade (module) selain itu view binding juga mendukung untuk bahasa kotlin dan java. Untuk mempelajari lebih dalam silkankan klik tautan Use view binding to replace findViewById berikut.

Latihan

Seperti biasa bukalah Android Studio kalian dan buatlah sebuah Project baru (Empty Activity) dengan nama Latihan RecyclerView, dengan min sdk dan language kotlin, semua kode yang di butuhkan ada dibawah ya.

Membuat RecyclerView Android StudioMembuat RecyclerView Android Studio
Pada latihan kali ini kita akan menerapkan Parcelize dan View Binding, untuk itu buka build.gradle (module) pada plugins tambahkan id ‘kotlin-parcelize’ dan pada android tambahkan

buildFeatures {
viewBinding = true
}

pada depedencies juga tambahkan library dibawah ini karna kita akan menggunakan CircleImageView dan Glide

implementation 'de.hdodenhof:circleimageview:3.1.0'
implementation 'com.github.bumptech.glide:glide:4.11.0'

Kemudian Sync Now, jika sudah buka main_activity.xml dan class MainActivity ubah kodenya menjadi seperti dibawah, buat satu class data sebagai modelnya dengan nama Food dan sesuaikan juga kodenya
membuat recyclerview android studio

Akan ada error pada MainActivity dikarenakan kita belum menambahkan gambar pada drawable silahkan download dulu resourcenya lalu pastekan pada folder res > drawable.
Buat lagi satu class sebagai Adapter dengan nama FoodAdapter dan sesuaikan kodenya, dan dipastikan akan ada error karna kita belum membuat layout untuk list itemnya. Silahkan buat satu layout pada res > layout > new > Layout resource file dengan nama food_list.xml dan sesuaikan juga kodenya

Membuat RecyclerView Android Studio

Jika sudah silahkan coba jalankan lakukan test klik pada list itemnya ia akan nemapilkan toast berupa nama makanan yang di klik. Untuk mendownload source codenya silahkan download melalui tautan github ini.

view binding recyclerview

Penjelasan

MainActivity

private lateinit var bind: ActivityMainBinding

Perhatikan kode pada MainActivity, mungkin untuk sebagian orang ada yang merasa asing, yap benar karna disini kita menggunakan view binding, ada yang berbeda pada metode onCreate yaitu

bind = ActivityMainBinding.inflate(layoutInflater)
setContentView(bind.root)

Dengan menggunakan view binding kita tidak perlu menginisialisasi komponen dengan menggunakan findViewById cukup memanggilnya seperti bind.namaKomponen

layoutManager = LinearLayoutManager([email protected])
Kode diatas dimaksudkan untuk menentukan tampilan dari RecyclerView yang di inginkan, karna ingin berbentuk list jadi kita tetapkan berupa LiniearLayoutManager jika ingin berbentuk grid ganti dengan GridLayoutManager.

FoodAdapter

val binding = FoodListBinding.inflate(LayoutInflater.from(viewGroup.context), viewGroup, false)
Adapter berfungsi untuk menampilkan data ke dalam sebuah RecyclerView, disini kita juga menggunakan view binding selain itu juga terdapat setOnClickListener() yang di handle pada MainActivity.

Sekian tutorial tentang cara membuat recyclerview android studio ini semoga bisa dipahami sampai jumpa di tutorial Custom ToolBar dan SearchView Filter RecyclerView, yang merupakan lanjutan pengembangan dari tutorial ini.