Cara Menggabungkan File Part 001 002 003 dst Menjadi Satu

Jika anda sering mendownload berkas dengan ukuran yang cukup besar pasti pernah menemui kasus dimana file tersebut memiliki akhiran angka seperti 001, 002 dan seterusnya atau sejenisny. Hal ini disebabkan karena si pemilik berkas melakukan split.

Apa itu split? split apalah tindakan membagi berkas menjadi beberapa bagian atau part, gunanya disaat melakukan upload berkas tidak terlalu besar dikarenakan beberapa penyedia layanan file storage memberikan limit atau batasan untuk setiap satu file yang dapat di upload.

Bagaimana Cara Membagi File Menjadi Beberapa Part?

Dijaman yang sudah lebih modern seperti sekarang untuk melakukan split atau pembagian berkas menjadi beberapa part sudahlah cukup mudah, biasanya hal tersebut langsung dilakukan menggunakan software bernama winrar. Winrar sendiri sudah memiliki fitur tersebut dan akan otomatis menyakutan kembali semua file yang di bagi saat semua file yang di perlukan lengkap saat dibuka.

Namun jika ingin menggunakan cara lain kita dapat menggunakan yang namanya HJSplit, software ini sudah ada cukup lama kira-kira sejak jaman saya masih SMP, ternyata hingga  sekarang keberadaan software tersebut masih ada dan mungkin masih banyak yang menggunakannya.

Cara Menggabungkan File Part

Winrar

Winrar merupakan software atau aplikasi yang dapat mengkompresi sebuah berkas atau file menjadi lebih kecil, dan juga dapat membungkus beberapa berkas menjadi satu berkas dengan format .rar.
Untuk menggabungkan file part dengan winrar kita cukup memastikan semua part dari file tersebut lengkap dan berapa pada satu folder yang sama, setelah itu pastikan anda sudah mendownload dan install winrar versi terbaru untuk menghindari kegagalan atau rusaknya file saat dibuka.

Pertama-tama klik kanan file dengan nama berakhiran 001, biasanya file tersebut memiliki ikon winrar tidak seperti file yang lain setelah itu pilih extract yang manapun lalu tunggu hingga prosess penggabungan dan extract selesai maka anda sudah bisa mendapatkan file yang utuh.

HJSplit

Sama seperti halnya Winrar file ini dapat dapat membagi file menjadi beberapa part, dan tentu saja dapat menggabungkannya lagi menjadi satu file. Untuk menggabungkan file part dengan satu menjadi HJSplit cukuplah mudah.

Pertama-tama download HJSplit terlebih dahulu lalu siapkan semua bagian atau part file tersebut pada satu folder yang sama kemudian bukalah HJSplit dan klik pada bagian Join lalu pilih input file dan milih dimana anda menyimpan file yang akan digabungkan, setelah itu klik Start dan tunggu prosessnya selesai jika sudah anda akan mendapatkan file utuh dari beberapa part tersebut.

Mudah bukan? sekarang anda bisa mencoba cara menggabungkan file part 001 002 003 dst menjadi satu, semoga berhasil.