Cara Mengetahui Nama Font di Website

Kalian tau gak, cara mengetahui nama font yang dipakai pada suatu website? ternyata untuk mengetahui nama font yang dipakai pada suatu website ataupun gambar itu susah-susah gampang.
Mengapa demikian? hal ini disebabkan tidak semua font yang digunakan merupakah font yang di publikasikan ataupun tool yang kita gunakan belum tentu bisa mendeteksinya.

Ada dua cara untuk mengetahui nama font yaitu dengan menggunakan ekstentions pada google chrome ataupun situs pendeteksi font melalui gambar, oke mari kita langsung saja kita bahas caranya :

WhatFont Chrome Extention

Ternyata di google chrome sudah ada extensions yang berfungsi untuk mendeteksi nama font yang ada di suatu situs web, blog atau yang lainnya. Nama extensions nya yaitu WhatFont. Kamu bisa instal langsung di internet kemudian aktifkan melalui menu settings di google chrome. Ini bermanfaat banget lho buat para desainer terkhusus desainer UI / UX.

Cara menggunakannya cukup mudah setelah berhasil terinstall hanya perlu klik pada ekstensi whatfont lalu arahkan ke tulisan yang ingin kita deteksi.

WhatTheFont

Situs ini mengklaim memiliki koleksi lebih dari 133.000 jenis font yang akan digunakan untuk mencocokan dari gambar yang kita input, selain itu juga bisa mendeteksi lebih dari 1 jenis font dalam satu gambar. Untuk hasilnya maksimal kita juga melakukan crop terlebih dahulu dan disarankan menggunakan kualitas gambar yang baik.

Namun seperti yang sebelumnya kita bahas di atas, tidak semuanya akan berjalan lancar tergantung dari target yang akan kita deteksi, sebelumnya saya sudah mencobanya untuk mendeteksi font pada logo VALORANT, hasil dari ekstensi saya rasa rada ngawur sedangkan dengan situs whatthefont hanya menampilkan rekomendasi font yang mirip.

Untuk itu jika kita ingin mencari suatu font dari sebuah brand bisa kita langsung tulis saja misal valorant font dan ternyata situs dafont memilikinya, mungkin hanya itu sedikit tips cara mengetahui nama font di website semoga bisa bermanfaat.