Cara Membuat BOT WhatsApp Dengan NodeJS

Ya, kembali lagi dengan surgatutorial. kali ini saya akan membagikan tutorial atau cara membuat bot whatsapp dengan nodejs, mungkin banyak dari pembaca yang ingin membuat bot whatsapp tapi ternyata para penyedia layanan api bot whatsapp tidaklah gratis, namun sekarang sudah ada yang membuat sebuah library wrapper untuk whatsapp dengan nodejs yang dibuat oleh Pedro S. Lopez yang dapat digunakan secara gratis. sebelum memulai mari simak penjelasan singkat berikut:

Apa itu whatsapp-web.js

whatsapp-web.js merupakan sebuah Klien WhatsApp API yang terhubung melalui browser Web WhatsApp yang memanfaatkan Puppeteer untuk menjalankan di Whatsapp Web untuk menghindari pemblokiran.
CATATAN: Tidak ada jaminan nomor yang digunakan aman dari block dikarenakan WhatsApp tidak mengizinkan bot atau klien tidak resmi di platform mereka, jadi ini sepenuhnya aman.

Instalasi

bot whatsapp nodejs

Download dan install nodejs installer terlebih dahulu pada link berikut https://nodejs.org/en/download/ setelah itu buah sebuah folder baru dengan nama sesuka kalian misalnya wa-api lalu buka cmd atau terminal pada lokasi folder tersebut, dan ketikan perintah npm i whatsapp-web.js tunggu hingga proses selesai, lalu ketikan lagi perintah npm i qrcode-terminal

Setelah selesai buatlah sebuah file pada folder yang sama dengan nama misalnya wa.js kemudian copy dan paste kode berikut:

Simpan file tersebut dan jalankan perintah node wa.js pada cmd atau terminal jika tidak ada error maka akan muncul qrcode pada terminal, lakukan scan jika muncul pesan BOT READY berarti bot siap menerima perintah melalui chat, silahkan coba kirimkan pesan ping kenomor yang digunakan tadi seharusnya bot akan merespon seperti yang kita tentukan pada kode diatas.

Kesimpulan

Contoh kode dari cara membuat bot whatsapp dengan nodejs diatas masihlah sangat sederhana untuk saat ini sudah bisa menyimpan session agar tidak melakukan scan qr trus menerus saat dijalankan, kedepannya silahkan dikembangkan lagi sesuai keinginan dan ide kalian, sekian tutorial bot whatsapp kali ini semoga dapat dipahami dan bermanfaat thanks to pedroslopez for the library.